Our Contacts

Building 18 Office Park Lt. 18
Jl. T.B. Simatupang No.18, Pasar Minggu,
South Jakarta - 12520
Indonesia

rekadaya@rekadaya.co.id

+62 (021) 2787 1818
+62 (021) 2770 8558

Category: RE INSITE

Read More

First Firing PLTU Sofifi  2 x 3 MW

Jumat, 22 Desember 2023, pukul 11.25 WIT tim Rekadaya Elektrika (RE) berhasil melakukan flame on atau penyalaan pertama (first firing) pada Project PLTU Sofifi 2×3 MW. Proses first firing merupakan tahap pertama kalinya penyalaan seluruh peralatan, sebelum nantinya dilakukan komisioning dan sinkronisasi ke sistem ketenagalistrikan. Pelaksanaan first firing ini disaksikan secara langsung oleh General Manager PT PLN UIP Maluku Papua – Wisnu Kuntjoro Adi beserta jajaran, Direktur Bisnis 2 PT Rekadaya Elektrika – Nur Hidayat serta segenap tim project PLTU Sofifi 2×3 MW.

Pencapaian milestone ini merupakan wujud dari kerja keras tim RE sekaligus sebagai bukti komitmen RE untuk menyelesaikan amanah dan tanggung jawab pekerjaan. Seperti diketahui, PLTU Sofifi dibangun untuk menambah pasokan daya pada wilayah Sofifi dan sekaligus untuk mengurangi penggunaan pembangkit berbahan bakar diesel. PLTU Sofifi diharapkan mampu menyuplai listrik di Sofifi dan Pulau Maluku.

Read More

Transmission Line 150 kV Masohi-Kairatu

Project pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) yang saat ini tengah dikebut pengerjaannya oleh PT Rekadaya Elektrika (RE). Project Transmission Line 150 kV Masohi-Kairatu dibangun seiring dengan pertumbuhan kebutuhan listrik di wilayah pulau Seram dalam beberapa tahun terakhir serta prediksi atas bertambahnya jumlah pendatang maupun  investor di kepulauan tersebut.

Progress Pekerjaan

68,319% sampai dengan minggu ke-2 Desember

Panjang Jairngan Transmisi

98,549 kilometer sirkuit

Jumlah Tower

275 tower

Pondasi Terpasang

197 pondasi terpasang dari target 275 pondasi

Erection Tower

156 tower dari target 275 tower


Rekadaya Elektrika bersama dengan  PLN UIP Maluku Papua (melalui UPP Maluku) selaku owner pekerjaan, selalu berperan secara aktif dan memberikan kontribusi nyata untuk meningkatkan keandalan sistem kelistrikan mulai dari sabang sampai merauke guna mewujudkan Indonesia yang lebih terang.

Read More

Revitalisasi Chute Stare A PLTU Tanjung Jati B

PT Rekadaya Elektrika (RE) saat ini tengah mengerjakan project Revitalisasi Chute Stare A di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati B, Jepara, Jawa Tengah. Hal ini sebagai salah satu upaya untuk mendukung kehandalan sistem kelistrikan di Provinsi Jawa Tengah.


Adapun scope pekerjaan yang menjadi tanggungjawab RE adalah engineering, procurement (pengadaan material), construction and commissioning (meliputi fabrikasi, preparation, dismantling dan installation). Sampai dengan minggu pertama bulan Desember 2023 pekerjaan tengah memasuki tahap procurement dan fabrikasi dengan overall progres mencapai 36,28%.

Chute di PLTU merupakan saluran atau alur yang digunakan untuk mengarahkan material seperti batubara ke lokasi yang diinginkan. Chute dirancang agar material dapat mengalir dengan lancar dan terarah sesuai dengan kebutuhan operasional stacker reclaimer.

Chute sendiri adalah bagian dari stacker reclaimer pada coal handling system yang ada di setiap PLTU. Coal Handling System didefinisikan sebagai sistem penting yang harus ada pada setiap PLTU khususnya bagi yang menjadikan batubara sebagai bahan utama. Alat ini mempunyai kemampuan dalam pengaturan alur batu bara dengan baik untuk mendukung kebutuhan pasokan batu bara di PLTU.

Read More

Project PLTS Off Grid 16 Kepulauan Terisolasi

Setelah sebelumnya berhasil membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Off Grid di 6 kepulauan terisolasi di daerah Jawa Timur, kali ini PT Rekadaya Elektrika (RE) kembali mendapatkan kepercayaan untuk mengerjakan project serupa, dan masih berlokasi di daerah Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Sumenep, Pulau Madura.

 

Tersebar di 16 Pulau yang meliputi 7 Kecamatan, total kapasitas terpasang PLTS Off Grid ini nantinya mencapai sebesar 975 kWp dengan potensi calon pelanggan sebanyak 8.434 KK. Sampai dengan minggu ke-3 November, progres pekerjaan sudah mencapai 62,68%. Dengan lingkup pekerjaan yang sedang dikerjakan saat ini adalah pekerjaan civil tepatnya adalah pemasangan pagar BRC dan pintu gerbang.

 

No.

Lokasi/Pulau

Kapasitas (kWp)

1

Bulumanuk

50

2

Bunginnyarat

50

3

Gili Labak

25

4

Karamian

175

5

Pajangan

25

6

Sadulang Kecil

50

7

Sapapan

50

8

Saredeng Besar

25

9

Saredeng Kecil

25

10

Saseel

150

11

Saur

150

12

Sepangkur Kecil

50

13

Talango Air

50

14

Talango Tengah

50

15

Kalosot

25

16

Sitabok

25

 

Melalui pembangunan PLTS Off Grid di 16 kepualuan terisolasi tersebut, PT PLN UID Jatim selaku owner berharap seluruh masyarakat jawa timur khususnya masyarakat Kabupaten Sumenep dapat memperoleh listrik secara merata dan lebih jauh dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

 

Read More

PROGRES PERBAIKAN PLTMH PRAFI 2X 1,25 MW

Sebagai wujud dukungan dalam transisi energi menuju Net Zero Emission, Rekadaya Elektrika saat ini tengah mengerjakan salah satu project pembangkit listrik berbasis energi bersih. Tepatnya pekerjaan perbaikan Pembangkit Listrik Tenaga Hydro (PLTMH) Prafi dengan kapasitas 2 x 1,25 MW yang terletak di daerah Prafi, Manokwari – Papua Barat.

Sampai dengan minggu ke-3 bulan November 2023, progres pekerjaan di lapangan yang telah dicapai tim project RE adalah sebesar 46,96% dengan rincian sebagai berikut:

PEKERJAAN TEMPORER

meliputi:

Pekerjaan Persiapan dan Pekerjaan Pengelak antara lain:  

Pembuatan acces road to river, upstream dan downstream weir leveling

 

PEKERJAAN PERMANEN

meliputi:

Pekerjaan Persiapan dan Umum antara lain:

mobilisasi dan demobilisasi, penyediaan sarana listrik, survei pengukuran, pengamanan dan pelaksanaan K3

 

Pekerjaan Pengelak antara lain: pekerjaan Diversion Channel yaitu pembuatan saluran untuk mengalihkan perairan dari saluran utama dan pekerjaan Cofferdam yaitu sebuah struktur sementara yang dirancang untuk megalihkan aliran air dari pekerjaan bendungan utama

 

PEKERJAAN BENDUNG

meliputi:

Pekerjaan Awal dan Tambahan seperti:

land clearing, demolition dan pengadaan material

 

Pekerjaan Tubuh Bendung seperti:

pengecoran beton tubuh bendung, pemasangan besi

 

Pekerjaan Apron Hulu dan Hilir seperti:

Instal Bekesting dan waterstop apron hulu, pengecoran K-300 apron hilir

 

Pekerjaan Sayap Hulu dan Hilir seperti: Demolition sayap

 

 

Berbagai kendala baik dari sisi teknis maupun non teknis kerap dihadapi oleh tim project. Namun dengan semangat yang dimiliki, tim project selalu sigap mengatasinya dengan terus menjalin koordinasi dan sinergi yang baik bersama tim dari PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Maluku dan Papua selaku owner.


Read More

Progress Pekerjaan PLTU Sorong 4×7 MW

Menutup bulan September yang lalu, tepatnya pada Jumat 29 September 2023, PT Rekadaya Elektrika (RE) telah melaksanakan First Pouring Concrete untuk project pembangunan PLTU Sorong 4×7 MW. Seremoni yang dilaksanakan bertepatan dengan hari ulang tahun RE yang ke-20 tahun tersebut, dihadiri secara langsung oleh Direktur Manajemen Proyek dan Energi Baru Terbarukan PT PLN (Persero) yaitu Bpk Wiluyo Kusdwiharto beserta jajarannya seperti EVP Konstruksi Jawa Bali Nusatenggara Maluku Ibu Ratna Sari Sjamsudin dan GM UIP Maluku dan Papua Bpk Wisnu Kuntjoro Adi.

PLTU Sorong 4×7 MW merupakan salah satu project PLTU Merah Putih, dimana peralatan utamanya yaitu Boiler, Steam Turbin Generator dan Transformers diproduksi oleh pabrikan lokal. Proyek infrastruktur ketenagalistrikan di Indonesia Timur khusunya di Papua telah menjadi fokus PLN untuk meningkatkan rasio elektrifikasi yang telah mencapai 88,75%. Selain itu untuk menghadirkan terang di wilayah timur Indonesia, proyek ini juga diharapkan akan mendorong perekonomian masyarakat Papua.

Progres pekerjaan yang telah dicapai oleh tim project RE di lapangan saat ini sebesar 48,11%, dengan scope pekerjaan yang sedang dilakukan meliputi pekerjaan cutting pile, pembangunan lean concrete (untuk area boiler, turbine, WTP dan , pembangunan temporary warehouse untuk material boiler, dan pekerjaan excavation area turbine dan boiler.

Read More

REKADAYA ELEKTRIKA KEBUT PEMBANGUNAN SUTT 150 KV TANJUNG REDEB – TALISAYAN SEC 2 & SEC 3

Reinsite kali ini akan memberitakan dan membahas tentang salah satu project pembangunan Transmission Line (TL) yang tengah dikerjakan oleh PT Rekadaya Elektrika (RE) adalah project Pekerjaan Pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV GI Tanjung Redeb – GI Talisayan Section 2 & 3 yang berlokasi di Tanjung Redeb – Talisayan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Project yang dipercayakan oleh PT PLN UIP Kalimantan Bagian Timur kepada RE ini bertujuan untuk menopang kehandalan sistem kelistrikan pulau Kalimantan khususnya Kalimantan Timur. Adapun progres pekerjaan hingga minggu pertama November adalah sebagai berikut.

Tanjung Redeb – Talisayan Sec #2

Tanjung Redeb – Talisayan Sec #3

Progres per W 1 November : 18,5%

Progres per W 1 November : 16,7%

Saat ini tengah melakukan pekerjaan pondasi,

dengan status 58 pondasi telah selesai terpasang

Saat ini tengah melakukan pekerjaan pondasi, dengan status 61 pondasi telah selesai terpasang

Scope pekerjaan :

Pondasi, Pengaman Material Tower, Material Konduktor,

Erection Tower, Penarikan Kabel dan Komisioning.

Read More

Rekadaya Elektrika siap berkontribusi dalam pembangunan sistem kelistrikan di Ibu Kota Nusantara (IKN)

Pembangunan PLTS IKN telah diresmikan pada Kamis, 02 November 2023. Prosesi ground breaking tersebut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo beserta beberapa menteri jajarannya. Turut hadir Darmawan Prasodjo selaku Direktur Utama PT PLN (Persero) dan jajaran Direksi PT PLN Nusantara Power sebagai pelaksana tugas pembangunan sistem kelistrikan di IKN.

Rekadaya Elektrika yang juga bagian dari PLN Grup turut berkontribusi dalam project strategis nasional tersebut melalui pembangunan Gardu Induk PLTS IKN 10 MW. “Rekadaya Elektrika sebagai bagian dari PLN Grup siap berkontribusiuntuk menghadirkan sistem kelistrikan yang andal serta bebasis pada energi baru terbarukan” -Jonner MP Pardosi-

RE akan selalu memberikan yang terbaik dan berkomitmen untuk menyelesaikan amanah pembangunan ini.

Read More

Rekadaya Elektrika Siap Berkontribusi Membangun Sistem Kelistrikan di IKN

PT Rekadaya Elektrika (RE) berkomitmen untuk memberikan dukungan terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui infrastruktur kelistrikan dengan turut membangun Gardu Induk (GI) PLTS 10 MW yang berlokasi di Desa Pemaluan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Udara, Provinsi Kalimantan Timur.

Project pembangunan GI yang dimanahkan oleh PT PLN Nusantara Renewables (PLN NR) selaku owner ini mulai dikerjakan sejak 31 Mei 2023 dan pada minggu keempat Oktober project pengerjaan GI PLTS IKN 10 MV ini sudah mencapai 15,8%. Adapun scope RE meliputi.


Engineering

 

Disain sipil, switchyard, gedung control dan elektrikal/mekanikal.

 

Procurement

Untuk Material Transmisi Utama seperti:

·         Power Transformer 30 MVA & Accessories,

·         150 kV Busbar & connection,

·         150 kV Bus Coupler Bay,

·         150 kV Transformer Bay,

·         20 kV Switchgear & Power Cables,

·         SAS equipment, CRP, CCTV  

·         Telecomunication Equipments dll

 

Construction

 

Pekerjaan Sipil yaitu

·         pekerjaan pondasi & cable duct area switchyard,

·         pondasi gedung kontrol dan

·         pondasi PV module.

 


RE siap mengemban amanah yang juga menjadi salah satu project strategis nasional tersebut. Meski kendala kerap dihadapi seperti cuaca dan lokasi yang cukup curam, namun RE akan terus memberikan upaya terbaik untuk menyelesaikan serta menerangi calon Ibu Kota Negara yang baru tersebut.

Read More

REKADAYA ELEKTRIKA SEGERA SELESAIKAN PROJECT GARDU INDUK 150 KV SUKAMARA

Membuka bulan Oktober, kita akan kembali mengunjungi salah satu project pembangunan Gardu Induk (GI) 150 kV yang berlokasi di Kabupaten Sukamara, Provinsi Kalimantan Tengah tepatnya. Project GI 150 kV Sukamara ini sudah berhasil melaksanakan energized pada tanggal 02 Maret 2023 dan telah memperoleh Sertifikat Laik Operasi  (SLO) pada tanggal 30 Maret 2023 yang lalu. Adapun ruang lingkup pekerjaan utama Rekadaya Elektrika antara lain:


Pekerjaan Sipil

 

Pekerjaan pembangunan gedung pra-sarana, gedung kontrol 150 kV, pos jaga, gudang limbah b3, switchyard

 


Pekerjaan
Erection dan Komisioning

 

Pekerjaan pengadaan, pemasangan dan komisioning material
elektro-mekanik dan automation

 

Hingga minggu ke-1 Oktober, progres pembangunan GI 150 kV Sukamara sudah mencapai 95,22% tersisa beberapa pending item pekerjaan sipil yang terus dikebut pengerjaannya oleh Rekadaya Elektrika. Project yang dipercayakan oleh PT PLN Unit Induk Pembangunan
Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) tersebut ditargetkan akan rampung pada akhir tahun 2023.